belajar untuk menghargai dan mencintai diri sendiri

 

Mencintai Diri Sendiri

Dalam hidup seringkali kita merasa kurang akan apa yang ada pada diri kita, sering merasa  orang lain jauh lebih baik daripada kita, membuat kita bener bener down dalam menjalani kehidupan maupun mengejar mimpi yang ingin kita raih, justru tanpa kita, kita tidak menyadarinya bahwa siapa yang memposisikan kita jatuh sampai sejauh itu bukanlah orang lain melainkan diri kita sendiri, karena sering meresa kurang dari orang lain atau sekarang sering disebut dengan Insecure.

Hal hal yang seperti itulah yang membuat kita tidak sadar dengan apa yang kita meiliki dalam diri kita sendiri sejatinya kita memiliki potensi yang besar untuk berkembang, kita semua sama-sama memiliki kesempatan itu, namun kesempatan setiap orang itu tentu tidak akan sama karena kemampuan yang kita milikii juga berbeda dengan orang lain tapi setiap orang pasti memiliki kesempatan.

Bagaimana seharusnya kita menyikapi hal tersebut? Intinya sangatlah muda membuat dirimu pantas dalam segala hal, selalu menyakini diri kamu bisa untuk melakukannya. Kadang kita juga sering lupa untuk mencintai dan menyangi diri kita, kita lupa untuk memberi sedikit pujian dan terimah kasih  untuk diri kita atas apa yang telah kita lakukan hari ini, padahal dengan memberi sedikit pujian kepada diri kita atau setidaknya berterimah kasih untuk semua yang kita lakukan hari ini itu akan jauh lebih menbawa dampak positif untuk kita dalam menggapai sesuatu yang kita inginkan.

Tidak salah untuk membandingkan diri dengan orang lain tapi yang sewajarnya saja cukup jadikan itu sebuah motivasi untuk diri kita sendiri, kalua kita juga bisa melakukannya tidak hanya mereka saja yang bisa.

Saya akui dulu saya sering membandingkan diri saya dengan orang lain, tapi hal tersebut tidak saya jadikan sebagai kekuatan untuk saya agar bisa melakukan hal yang sama, saya malah menjadikan itu sebagai hal yang membuat saya down hingaa akhirnya saya tidak bisa melakukannya sama sekali.

Namun sekarang saya tidak ingin itu terjadi lagi, saya akan jadikan keberhasilan seseorang sebagai kekuatan bagi saya kalua saya juga bisa melakukan hal yang serupa dan saya harus mencobanya.

Lalu bagaimana seharusnya kita jauh lebih bisa untuk menerima dan memhami diri kita? Caranya mudah ketika kita melakukan sesuatu lalu kita tidak bisa melakukannya atau menggapainya jangan jadikan hal tersebut sebagai sesuatu yang membuat diri kamu bersalah karena tidak bisa menggapainya ataupun melakukannya.

Cukup kita katakan kepada diri kita kalau kamu sudah luar biasa beranai mencoba walaupun gagal pada akhirnya, setidaknya kamu sudah pernah melakukannya daripada tidak sama sekali, dan juga jangan lupa bersyukur pahami diri kamu hanya bisa sampai disitu ada pun nanti kamu bisa untuk mencobanya lagi dan melakukannya sekali lagi.

Kemudian ketika kamu benar benar tidak bisa lagi untuk menerima kegagalan yang terjadi pada diri kamu cobalah untuk selalu mendekatkan diri kepada tuhan Yang Maha Kuasa karena sejatinya hanya kepada Dia-lah kamu berkeluh kesah atas apa yang terjadi dalam diri kamu, kadang kita  juga sering kali lupa melibatkaan-Nya dalam setiap urusan kita dan ketika kita senang kita juga sering melupakan-Nya lalu ketika kita sedang sedih kita baru ingat kepada-Nya.

Seharusnya hal tersebut tidak terjadi karena mungkin ketika semua kamu serahkan kepada Tuhan justru hal tersebut akan sangat membantu kamu untuk bisa melewati masalah tanpa harus menyalahkan diri kamu sendiri.

Untuk itu kita jangan lupa selalu menyangi, harus bisa memahami, dan mencintai diri kita sendiri.selalu mengucapkan terimah kasih kepada diri kita sendiri atas apa yang telah kita lakukan hari ini .

“SEMOGA BERMANFAAT”

Comments

Popular posts from this blog

mental health